Komunitas

Gowes Bareng Bintaro Loop

Oleh Icef Andi Herdian
Pinterest LinkedIn Tumblr WhatsApp

Komunitas sepeda Bintaro Loop ikut ramaikan World Bicycle Day dengan gowes bareng, hari Jumat, 3 Juni 2022. Titik kumpul berlokasi di Chicago Tower, Transpark Mall Bintaro. Pesepeda yang ikut sebanyak 60-an orang.

Gowes bareng yang dimulai pukul 06.00 tersebut, menempuh jarak lebih kurang 50 km atau lima putaran loop kecil (9 km). Sebagai info, loop terpanjang Bintaro sepanjang 12-13 km. Mereka ngeloop sepanjang Boulevard Bintaro Jaya, mulai dari putaran flyover Sektor 7 hingga putaran Graha Bintaro.

“Sebenarnya ini kegiatan gowes rutin, cuma bertepatan dengan Hari Bersepeda Sedunia. Apalagi, sejak beberapa bulan lalu, kami mendapat support dari Transpark Mall sebagai titik kumpul setiap hari Jumat pagi. Sehabis ngeloop, kami kumpul lagi di sini, sarapan bareng. Acara bebaslah sehabis itu,” ucap Ade Wijaya, Ketua Umum Bintaro Loop Cycling Community.

Pagi itu, rombongan peleton terbagi dua, lantaran pesepeda yang ikut cukup banyak. “Kalau di Bintaro itu, jam 6.30 aja udah rame jalanan. Makanya, otomatis peleton atau rombongan kami pecah dua, supaya tidak terlalu panjang. Ini demi keselamatan pesepeda dan tidak mengganggu pengendara lain,” tukasnya.

Gowes Setiap Hari

Menurut Ade, anggota komunitas Bintaro Loop tidak melulu pemakai sepeda jalan raya (road bike). Banyak juga yang memiliki mountain bike, sepeda lipat, dan lain-lain. Sebagian besar memang menggunakan road bike.

“Banyak anggota yang sepedaan dulu sebelum berangkat kerja. Kalau pakai road bike kan lebih cepat jalannya. Gowes 1,5 jam sudah cukup. Lalu mereka sarapan dan langsung berangkat kerja,” terangnya.

Komunitas ini memiliki ratusan anggota dari Bintaro Jaya dan sekitarnya, serta dari daerah-daerah lain di Jabodetabek. Ada beberapa titik kumpul atau base camp, lantaran anggotanya yang banyak. Antara lain di Loops Café, Hierarchy Café, Transpark Mall Bintaro dan lain-lain.

Kegiatan gowes bareng setiap hari Selasa, Kamis, dan Jumat, mulai pukul 06.00. Tapi setiap hari ada saja yang gowes bareng. Hari Sabtu-Minggu biasanya touring, khususnya hari Sabtu jika cuaca cerah. Ada yang gowes ke Dalkot (Dalam Kota Jakarta) atau ke luar kota.

Ade mengatakan, siapa saja boleh ikut gabung, tinggal datang ke titik kumpul. Tidak membedakan jenis sepeda, asalkan semua anggota harus mengetahui kondisi lintasan, mematuhi semua aturan lalu lintas, dan menjaga jarak antarsepeda.

“Kegiatan bersepeda kan bertujuan untuk kesehatan dan persaudaraan sesama pehobi sepeda. Kami harap semua anggota komunitas tetap mematuhi aturan di jalan raya, agar kegiatan gowes tetap sehat dan aman,” pungkasnya.

Mau gabung, silakan ikuti akun Instagram bintaroloop_official 

Komunitas Bintaro Loop
Komunitas sepeda Bintaro Loop usai gowes bareng.

Write A Comment